Pengunjung Blog



Jenis Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil



Selama masa kehamilan, tubuh ibu akan mengalami perubahan yang signifikan, salah satunya peningkatan volume darah, maka dari itu hal yang harus Anda perhatikan adalah untuk menjaga kadar hemoglobin agar tetap sehat dan mencegah terjadinya anemia selama kehamilan, maka penting untuk mengonsumsi makanan penambah darah yang kaya zat besi, asam folat dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh. 


Berikut adalah beberapa jenis makanan penambah darah yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil:


1. Daging Merah


Daging merah seperti daging sapi dan domba merupakan salah satu sumber zat besi heme yang sangat baik, yang mana zat besi heme lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi non-heme yang bisa Anda temukan dalam sumber tumbuhan. Namun, Anda harus memastikan bahwa daging dimasak hingga matang dengan baik sebelum dikonsumsi.


2. Hati Ayam


Hati ayam merupakan salah satu makanan yang paling kaya akan kandungan zat besi. Selain zat besi, hati ayam juga mengandung asam folat dan vitamin B12, yang mana itu merupakan vitamin yang dibutuhkan dan penting untuk kesehatan darah dan perkembangan bayi selama masa kehamilan.


3. Ikan


Ikan seperti salmon, tuna dan ikan makarel mengandung zat besi dan kaya akan omega-3 asam lemak, yang baik untuk perkembangan otak bayi. 


5. Telur


Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik yang mengandung zat besi dan asam folat.  Selain mudah didapatkan, telur juga bisa mudah diolah menjadi berbagai hidangan.


6. Sayuran Hijau Daun


Mengkonsumsi sayuran hijau sangat baik untuk diterapkan, sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan daun singkong mempunyai kandungan yang kaya akan zat besi dan asam folat. Perlu diperhatikan ketika memasak, pastikan untuk tidak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.


Selain memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi, penting juga untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup dan menjaga pola makan yang seimbang. Jika dirasa kehamilan Anda telah menginjak usia 9 bulan, jangan lupa persiapan untuk persalinan nanti, salah satunya popok. Rekomendasi popok bayi terbaik dan berkualitas adalah popok bayi MAKUKU Air Diapers pampers anti bocor dengan daya serap yang baik, sehingga akan cocok untuk digunakan bayi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.