Pengunjung Blog



Rekomendasi Cara Menghitung Usia Kehamilan



Hamil adalah salah satu momentum yang sangat dirindukan, terlebih untuk mereka yang baru saja membangun bahtera rumah tangga. Hadirnya buah hati adalah salah satu kebanggaan tersendiri. Bicara mengenai kehamilan, bagaimana cara menghitung usia kehamilan

Sebenarnya untuk menghitung usia kehamilan ini ada 3 cara yang bisa dilakukan, selengkapnya yuk langsung cek disini cara menghitung usia kehamilan;

Menghitung Dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Ini merupakan cara yang biasanya paling banyak digunakan dalam menghitung usia kehamilan, cara ini lebih mudah kalau Anda mengalami haid tiap bulannya secara teratur. 

Kalau Anda mengalami haid secara teratur dan tahu hari haid yang terakhir, tentu saja usia kehamilan bisa Anda hitung dari tanggal tersebut. Usia kehamilan bisa Anda hitung dari mulai pertama menstruasi, dan tidak dari tanggal pembuatan.

Mengenai masalah pembuahan biasanya terjadi antara 11-21 hari sesudah hari pertama haid yang terakhir. Sesudah mengetahui tanggal menstruasi yang terakhir, ibu hamil dapat memperkirakan mengenai hari perkiraan lahir (HPL) dengan cara menambahkan 40 minggu dari hari pertama saat menstruasi. 

Untuk Wanita mempunyai periode menstruasi tidak teratur, atau Wanita tidak bisa mengingat hari pertama untuk menstruasi yang terakhirnya. Tentu saja ini akan sulit untuk menentukan usia kehamilan kalau menggunakan metode ini. Maka dari itu pada kasus tersebut pemeriksaan ultrasonografi sering diperlukan, guna menentukan usia kehamilan.

Pemeriksaan Menggunakan Ultrasonografi

Menghitung usia kehamilan dengan melalui USG pada saat awal kehamilan merupakan cara yang sangat akurat. Biasanya untuk pemeriksaan tersebut bisa Anda lakukan semenjak usia kandungan mencapai usia 5-6 minggu. Namun untuk memperkirakan usia kehamilan menggunakan USG yaitu antara waktu minggu ke 8 dan ke 18 kehamilan. 

Biasanya di trimester yang pertama, pemeriksaan USG fokus dalam mengukur panjang pada bagian atas kepala sampai bagian bawah bokong bayi. 

Kemudian di tahap akhir kehamilan, USG akan mengukur bagian tertentu dari tubuh bayi termasuk diantaranya yaitu perut, kepala serta tulang paha yang berguna untuk memastikan usia kehamilan serta pertumbuhan janin.

Menggunakan Tanggal Ovulasi

Cara menghitung ini yaitu dari tanggal ovulasi/ pelepasan sel telur. Ovulasi tersebut biasanya terjadi sekitar 2 minggu setelah haid yang pertama. Salah satu tanda ovulasi yang dapat Anda ketahui yaitu dengan melihat kekentalan dari lendir serviks.  Akan tetapi yang disayangkan dalam hal ini tidak semua wanita tahu serta menyadari kapan dirinya mengalami ovulasi.

Itulah cara menghitung usia kehamilan yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan. Buat Para calon Bunda bisa menyiapkan persalinan bayi dengan menyediakan popok terbaik dari MAKUKU.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.